Mengetes Anti Virus

Kita dapat menguji antivirus komputer kita apakah bekerja dengan baik dengan bantuan dari sebuah file spesial, dikenal juga dengan nama “File Test Antivirus Standar EICAR” (EICAR adalah singkatan dari European Institute of Computer Anti-virus Research). Ini adalah file dummy, yang dapat dideteksi sebagai virus oleh sebuah produk antivirus.

So, ga ada yg harus dikhawatirkan, karena file ini bukan virus yang sebenarnya kok!

(NOT A REAL VIRUS!!). Yang file ini lakukan ketika dieksekusi adalah hanya akan menampilkan

teks ‘EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE’ dan kemudian keluar dari shell…

Nah.. sekarang bagaimana cara membuat file EICAR itu sendiri??

tinggal buka notepad atau teks editor kesayangan anda yg laen, dan kopi-paste teks dibawah ini:

 

X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*

Save file dengan nama apapun dengan ekstensi *.COM… (ex: EICAR.COM)

trus jalanin program tersebut / kalo bahasa pasarnya sih…. klik dobel !!!!

Antivirus yg sangat baik akan:

memblok proses write/save file ini walaupun dengan ekstensi apapun.. bahkan TXT…

Jadi sebelum file ini sempet mampir di komputer anda, dia udah diusir (hus..hus..)

Antivirus yg baik akan:

memperingatkan user bahwa ada file virus di komputer mereka dan meng-karantina file

Antivirus yg sedang2 saja akan:

menolak eksekusi file ini ketika kita double klik

Antivirus yg tidak baik akan:

permissive ama file ini ketika dieksekusi..

sehingga teks “EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE” akan muncul di layar anda.

Selamat mengetes antivirus anda, selamat mengetahui reaksi antivirus anda..

http://hancurinkomputer.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: