Merauk Uang Dengan Bisnis Makanan

imagesDi daerah bagian timur Malang ada kompleks perumahan yang disebut Perumahan Sawojajar. Dahulu kawasan ini adalah kawasan pertanian yang subur. Kini telah berubah menjadi kawasan perumahan. Luasnyapun makin lama makin bertambah menggusur area pertanian yang ada. Memang perkembangan perumahan di Malang sangat pesat

Perumahan Sawojajar ini termasuk salah satu tempat favorit saya untuk ‘mengisi perut ‘. Asal tahu saja, akses jalan yang bagus disertai dibuka dan diperbaikinya beberapa jalan tembus menjadikan perumahan ini semakin ramai. Akibatnya, seperti biasa, kawasan yang semula adalah perumahan kini menjadi area bisnis yang menarik. Kini rumah menjadi toko, ruko dan kantor banyak berdiri, pedagang kaki lima hingga restoran disana sini. Kini tidak tampak lagi kalau kawasan ini adalah perumahan. Akibat lain, harga tanah disini terus merangkak naik, sehingga sangat beruntung mereka yang berinvestasi properti di kawasan ini.

Makanan yang paling saya suka di Sawojajar ini adalah Bebek Presto. Bagaimana peluang usaha bebek presto ini ?

Daging bebek memang berbeda dengan daging ayam dari sisi rasa. Menurut saya daging bebek jauh lebih gurih daripada daging ayam. Memang daging bebek lebih alot. Namun dengan presto daging bebek bisa lunak dan gurihnya tidak hilang.

Kalau di Sawojajar tersebut bebek presto masih dijual di kali lima, sebenarnya Anda bisa lebih dari itu. Anda bisa membuka rumah makan / restoran dengan menu andalan bebek presto. Usaha rumah makan memang sebaiknya ada menu andalan. Dan dengan menu andalan itulah Anda bisa menciptakan merek untuk usaha Anda.

TIPS Usaha Bebek Presto

Dari sudut pandang saya sebagai konsumen, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam usaha bebek presto ini antara lain :

1. Pemilihan lokasi

Lokasi rumah makan yang favorit bagi saya adalah yang halamannya luas, sehingga mobil atau sepeda motor dengan leluasa dan aman bisa parkir. Atau jika halamannya tidak luas, minimal jalannya lebar, sehingga mudah bagi kendaraan untuk parkir. Kendaraan adalah barang berharga, sehingga jika parkir kurang nyaman dan aman, pelanggan Anda tidak akan tenang saat makan.

Saya juga biasa mempertimbangkan lokasi rumah makan tersebut bising atau tidak. Kalau bising, misalnya terlalu dekat dengan jalan raya atau bengkel, pelanggan tidak bisa santai menikmati hidangan

2. Menu Andalan

Di bisnis makanan, Anda sebaknya memiliki menu andalan. Kalau usaha bebek presto, bebek prestonya bisa Anda jadikan menu andalan. Menu andalan ini bisa menjadi merek bagi usaha Anda. Sebagai contoh, di Malang ada rumah makan “Es Selun” dengan menu andalan Es Teler. Disamping menjual es, ternyata ada puluhan menu lagi, mulai dari masakan jawa hingga china.

3. Penataan Ruang

Berkenaan dengan penataan ruang, hal ini tergantung siapa target pasar Anda. Kalau calon konsumen Anda adalah menengah ke atas, perhatikan faktor privacy. Misalnya penataan meja kursi jangan terlalu berdekatan antar pelangan. Hal ini tentu beda dengan jika pelanggan Anda adalah mahasiswa.

Suasana ruangan bisa diatur sesuai dengan selera Anda, yang penting menyenangkan bagi pelanggan. Anda juga bisa mendesain ruang dengan ciri khas tertentu, dengan tidak meninggalkan nuansa rumah makan.

4. Harga

Penentuan harga biasanya tergantung banyak hal seperti lokasi Anda dimana (kali lima atau restoran besar), banyaknya tiap porsi, dan tentu saja harga kebutuhan bahan pokok masakan tersebut. Sebagai pertimbangan, di Malang harga bebek presto yang dijual di kali lima Rp 10.000 / porsi. Kalau di restoran saya perkirakan Rp 20.000 – 30.000

Jangan lupa, cantumkan harga di daftar menu Anda. Hal ini lebih melegakan konsumen dan saya yakin lebih membuat dagangan Anda laku. Banyak konsumen yang merasa tertipu karena pedagang tidak mencantumkan harga di daftar menu. Konsumen biasanya malu untuk bertanya harga. Jika harga tidak dicantumkan, biasanya konsumen akan ‘mengira-ngira’ sendiri harga. Dan ini kadang banyak merugikan pedagang sendiri. Ada konsumen yang menahan belanja, karena takut harganya mahal. Ada juga yang belanja berlebihan tanpa memperhitungkan harga, tapi setelah tahu harganya dan setelah makanan dikonsumsi, ia merasa tertipu. karena itu, tunjukkan harga di awal sehingga konsumen bisa memperkirakan pengeluaran mereka.

5. Kebersihan

Kebersihan kunci sukses usaha makanan. Kebersihan ini meliputi ruangan, perabotan dan tentu saja makanan. Sekali konsumen Anda menemukan sesuatu yang jorok, jangan berharap dia akan kembali. Dan yang pasti ia akan menceritakan hal tersebut kepada orang lain. Inilah pentingnya kontrol kualitas, terlebih jika usaha Anda sudah besar
6. Pelayanan

Sebagaimana bisnis yang lain, pelayanan yang baik harus Anda berikan. Jangan biarkan konsumen menunggu lama. Mereka yang datang ke restoran dalam kondisi lapar. Jangan biarkan mereka semakin tersiksa dengan lamanya pelayanan Anda, lebih-lebih jika bau masakan Anda menyebar (tambah ‘keroncongan’ dong….). Untuk masakan tertentu memang persiapannya butuh waktu yang agak lama, karena itu Anda bisa menyiasati hal ini.

Cara Membuat Bebek Presto

Membuat bebek presto tidaklah sulit. Proses pembuatan bebek presto biasanya menggunakan alat khusus yang disebut panci presto / alat presto. Untuk skala kecil bisa Anda beli di toko-toko peralatan rumah tangga. Sementara untuk skala besar bisa Anda beli Mesin Presto .com.

Prinsip kerja dari alat presto adalah produk dikukus pada tekanan tinggi secara konstant. Alat presto ada yang menggunakan LGP ataupun minyak tanah sebagai bahan bakarnya. detail bisa dilihat di Mesin Presto .com. Lama proses memasak agar bebek lunak sekitar 30 menit.

Bagaimana dengan resep / bumbunya ? Kalau resep sebenarnya sesuai dengan selera. Kalau yang biasa saya pesan setelah bebek dipresto bebek tersebut dibakar. Penyajiannya dengan lalapan mentimun dan beberapa sayuran.

Bebek Presto Bumbu Kari

Dibawah ini resep dan cara memasak bebek presto bumbu kari. Saya ambilkan dari Oxone-online.com

Bahan:
1 ekor bebel, potong jadi 8 bagian
500 ml santan encer
200 ml santan kenal
2 buah bawang bombay, iris dadu

Bumbu:
5 siung bawang putih
10 butir bawang merah
5 cm jahe
5 cm kunyit
10 buah kapulaga
1/2 sdt ketumbar utuh
1/2 jintan
1/2 sdt adas manis
lada, pala, garam secukupnya
5 buah pekak
3 asam kandis
5 tangkai salam koja
5 lembar daun jeruk

diambil dari  http://bisnis.pengusahaindonesia.com

Cara Membuat:
1. Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, dan kunyit.
2. Sangrai kapulaga, ketumbar, jintan, dan adas. Kemudia haluskan, sisihkan.
3. Tumis semua bumbu halus hingga harum.
4. Masukkan bebek, aduk rata. Tuang santan encer lalu pindahkan ke dalam panci presto. Kemudian presto selama 30 menit, angkat.
5. Tambahkan santan kental lalu masak hingga matang, angkat, sajikan.

One response to this post.

  1. salam kenal🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: