cara Mudah Memanjakan PC anda

Operating System (OS)

Operating system saat ini telah menjadi penentu dari jenis hardware apa yang akan anda gunakan, Saat ini anda Linux hampir berada di bayang bayang windows untuk sisi fungsi yang semakin mudah, selain itu, Mac pun telah masuk jajaran OS ini, walaupun belum resmi dengan menggunakan Unofficial Mac OS yang dimodifikasi.

liquid-cooled-pc-1

Microsoft

Vista telah di release dari tahun kemarin yang mana banyak penggunanya tidak meng upgrade ke Vista karena mereka lebih baik bertahan di winXP karena fungsi yang diberikan terkesan lebih tidak praktis dan sarat akan sekuriti tinggi yang tidak praktis. Banyaknya variasi rasa vista menyebabkan banyak user yang bingung untuk membeli produk ini.

Rekomendasi:
Jika anda ingin menggunakan Microsoft, belilah Vista Home Premium, karena Vista ini memiliki feature yang hampir lengkap dengan Vista Ultimate hanya saja tidak memiliki fungsi Drive Encryption dan Bit Locker walaupun harga nya berbeda sekitar 30USD.

Dari sisi fungsionalitas, dan berhemat, menggunakan WinXP Pro dengan SP3 masih tetap yang terbaik, namun jika anda mempertimbangkan desain tampilan dan sekuriti silahkan anda beralih ke Vista.

Namun perlu di ingat, ketika anda menggunakan vista spesifikasi hardware yang akan anda butuhkan pun akan semakin tinggi, karena vista merupakan penambahan fitur yang ada di winXP dan tidak ada perubahan signifikan pada dasar sistem operasinya menyebabkan vista sangat haus akan bus speed dan memory.

Linux

Menggunakan linux mungkin yang menjadi pertimbangan diantara kita adalah penggunaanya yang tidak mudah dan banyak yang harus di konfigurasi dan tidak kita pahami. Menggunakan Linux, tidaklah sesulit yang anda bayangkan saat ini, namun walaupun begitu, memilih distro Linux sendiri membuat anda bingung lagi, dan banyaknya distro linux dan kesulitan mengkonfigurasi hardware membuat linux kurang digemari oleh masyarakat awam.

Bagi anda yang ingin memilih milih linux apa yang cocok untuk anda, anda dapat membuka distrowatch, untuk melihat informasi terakhir dari distro linux dan pengembanganya termasuk fitur fiturnya secara lengkap.

Xandros

Versi Linux yang benar benar mirip dengan Windows adalah Xandros 3 dengan fitur nya yang sudah di kostumasi dengan mudah, anda dapat menginstall aplikasi dengan mudah tersedia online update yang anda tinggal klik dengan mudah, selain itu, didalam OS ini telah dilengkapi beberapa fungsi dasar yang tidak biasa, namun kemudahan yang diberikan OS ini tidak dapat anda dapatkan dengan gratis, karena OS ini berbayar namun tetap lebih worth jika anda memiliki spesifikasi lebih rendah dan menginginkan OS yang lebih murah dari WinXp.

Ubuntu

Hasil pengembangan dari Debian ini telah sukses dan menjadi OS linux gratis yang paling digemari diseluruh dunia. Dengan berbagai kemudahan dan dukungan driver yang mudah OS ini menjadi OS yang termasuk mudah digunakan dalam dunia Linux, bahkan beberapa mini laptop menggunakan dasar Ubuntu untuk membuat OS nya, sebut saja dari Acer dan Asus eepc yang telah sukses meraih pangsa pasar dunia dengan OS gratis ini.

Rekomendasi:
Jika seorang user biasa ingin memulai linux, mulailah dari Ubuntu atau Suse, kedua duanya memiliki kelengkapan informasi yang memadai dan mudah untuk ditelusuri, mulai dari instalasi, update, dan management software dan driver dapat ditangani dengan mudah dengan menggunakan distro ini.

Mac

Secara default apple juga menjual OS nya, dan itu hanya dapat dipergunakan untuk mesin Mac, namun berhubung Mac sekarang menggunakan Processor dari intel juga, ini membuat arsitektur mac dapat dipergunakan di pc biasa, untuk itu banyak para hacker hacker underground memodifikasi kernel mac dan driver nya untuk dapat berjalan di mesin PC dan hasilnya banyak yang berhasil. Sehingga jika anda merencanakan untuk membeli PC dengan OSX dari Mac, tidak menutup kemungkinan untuk melakukan hal tersebut.

Jika anda tertarik dengan DIY (do it yourself ini) anda dapat mengikuti guide guide yang pernah dibuat orang yang telah berhasil menggunakan Mac di PC mereka diantaranya adalah:

Processor

Berita besar yang paling ditunggu tunggu pada tahun 2009 dalam dunia processor nya adalah Intel Core i7 (yang menggunakan arsitektur “nehalem”) dengan mengimplementasikan arsitektur 32nm, memory controller yang terintegrasi, graphic processor, Tiple channel DDR dan Intel Quick Path Interconnect yang akan menggantikan teknologi Front Side Bus.

Perlu diketahui, Intel Core i7 ini memiliki ukuran yang lebih besar, sehingga processor ini akan menggunakan Socket yang baru (LGA1366) dan motherboard lama anda tidak akan kompatibel dengan processor ini.

Rekomendasi:
Bagi anda yang telah membeli PC baru pada tahun 2008 sebaiknya anda tidak disarankan membeli yang baru, langkah upgrade akan lebih efisien untuk anda, jangan berkecil hati karena anda masih dapat menikmati teknologi quad core, dan processor sejenis dengan bus yang lebih besar dan cache yang lebih besar, dan menikmati turun nya harga PC periferal anda dalam waktu dekat.

Bagi anda yang ingin membeli PC baru dan ingin menggunakan Intel Processor, sebaiknya anda langsung beralih ke teknologi Core i7 ini (perhatikan dahulu kompabilitas nya jika anda ingin menggunakan OSX mac), teknologi ini memungkinkan anda memiliki umur yang panjang untuk upgrade di waktu mendatang.

Bagi anda yang berencana menggunakan PC untuk aktifitas sehari hari dengan kemampuan memadai pilihan Intel Core2Duo dan AMD Athlon X2 akan menjadi favorit banyak orang karena processor ini diperkirakan harganya akan dibawah USD200, namun jika untuk processor anda memiliki budget lebih (lebih dari 200$ maka Intel Core2Quad atau AMD Phenom X4 akan memberikan kecepatan yang signifikan.

Sedangkan jika anda adalah seorang gamers atau yang membutuhkan komputasi dengan proses tingkat tinggi, processor tercepat yang cocok untuk anda adalah processor seri Intel Core2Extreme, yang merupakan processor tercepat yang pernah di ciptakan intel.’

diambil dari http://teknoinfo.web.id/tips-merakit-pc-2009/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: