Anak Krakatau Mencari Muka

5

Kepala Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau di Desa Hargopancoran, Kalianda, Lampung Selatan Andi Suwardi mengatakan, di gunung Anak Krakatau hingga Jumat (8/5) siang terjadi  peningkatan gempa vulkanik dangkal dari 78 menjadi 97 kali, sehingga statusnya siaga. “Sedangkan untuk letusan terjadi penurunan dari 197 kali menjadi 81 kali, tremor dari 62 kali menjadi 15 kali, dan embusan dari 293 kali menjadi 122 kali. Sedangkan gempa vulkanik dalam, belum terdeteksi,” katanya di Lampung Selatan, Jumat.     

Ia mengatakan status aktivitas vulkanik gunung tersebut masih menjadi siaga, karena masih sering terjadi gempa vulkanik walaupun jumlah letusannya berkurang.  Karena itu, menurut dia, tim yang siaga di pos pemantau harus selalu waspada dan cermat, mengingat ada peningkatan gempa vulkanik dangkal.

Andi juga mengatakan walaupun berkabut, kondisinya tidak setebal sehari sebelumnya, sehingga aktivitas vulkanik gunung itu dapat dipantau, dan sampai Jumat sore masih sering terjadi gempa walaupun skalanya kecil. Ketika ditanya sejauh mana kesigapan petugas jaga, mengingat semakin tingginya intensitas gempa vulakanik dangkal, Andi mengatakan bahwa pihaknya saling berkoordinasi dengan tim lain yang ada di Banten untuk saling memberi informasi.

“Kami selalu saling koordinasi untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, karena gunung itu berada antara Provinsi Lampung dan Banten, sehingga harus ada kerjasama,” katanya.  Ia mengatakan untuk sementara keindahan alam di sekitar Gunung Anak Krakatau belum bisa dinikmati wisatawan, karena pihaknya masih melarang wisatawan untuk mendekat ke gunung itu.

“Jangan sampai ada kejadian yang tidak diinginkan, saya berharap masyarakat yang ingin mengunjungi gunung ini untuk sementara ditunda dulu karena intensitas gempa meningkat, walaupun letusanya berkurang,” katanya.

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com

One response to this post.

  1. apakah gunung anak krakatau akan meletus lagi seperti tahun 1888
    yang sampai menghancurkan banten

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: