Tips Merawat Mouse

Mouse dan Keyboard adalah salah satu alat yang paling penting di komputer. mungkin, jika anda hapa hotkey pada OS yang anda gunakan mouse akan menambah kecepatan dan akselerasi anda dalam menggunakan PC dan pertanyaanya.. berapa kali sihh anda mengganti Mouse optic anda, kalo gw pasti jawab ratusan😀

17

kenapa cuma mouse yang sering diganti? ya karena tikus yang satu itu rada sensitif. kalo nggak scrollnya yang mendem kalo nggak opticnya yang dah dol. waa parah.. pengen beli yang keren kayak logitech gitu, kelamaan ngumpulin duitnya. dan hasilnya tentu saja product made in taiwan serta china jadi pilihan.

sampe detik ini gw selalu menghindari yang namanya mouse lampu disco😛 entah kenapa atau gw yang sial kali ya.. mouse lampu disco cuma nahan di tangan gw 5 hari abis itu fungsinya nggak jelas, suka ngeklik dua kali lah, diakalin pake setingan klik mouse yang paling lambat dari CP tetep aja nggak bisa. akhirnya untuk merek yang murah meriah gw selalu pilih Komic .. lumayan awet dan harganya sama kayak mouse optik lampu disco. kalo lagi pegang uang yang banyakan dikit and lagi butuh mouse, pilihan gw jatuh pada mouse simbadda.

Sekilas tentang Mouse

Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus berbentuk seperti seekor tikus sehingga dalam bahasa Inggris peranti ini disebut mouse.

Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).

Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.

Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.

Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus semacam ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

Cara Merawat Mouse Optic

ngerawat mouse optic beda banget kayak ngerawat mouse bola, kalo mouse bola biasanya seminggu sekali dibuka bolanya and dipersihin kotoran yang nempel di bola and roda putarnya. but kalo mouse optik gw rasa lebih simple usahain mouspad ama kondisi sekitar mouse itu kering and dibersihin di bagian karet bawah yang empat itu kayak gambar diatas. nah lebih bagus lagi lo siapin cotton bud and bersihin opticnya pake alcohol😀

2 responses to this post.

  1. Bagus juga infonya gan, copy-pasty to my blog, thanx…!

    Reply

  2. diapain itu mouse kok 5 hari pakai udah rusak ^_^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: