Tujuan Diadakannya tes Psikotes

Kuesioner atau inventor kepribadian digunakan untuk mengukur ciri-ciri atau standar tertentu pada seseorang yang berpengaruh terhadap unjuk kinerja di tempat kerja. Kepribadian Anda akan tercermin melalui respon-respon dari jawaban tes atau kuesioner Anda.

Hasil akhirnya merupakan indikator penting seberapa cocok Anda dengan pekerjaan yang ditawarkan. Beberapa kuesioner atau tes  kepribadian dirancang khusus untuk mengukur kecerdasan, minat, atau ketrampilan dalam pekerjaan-pekerjaan tertentu.
Penilaian kepribadian melibatkan respons Anda terhadap serangkaian item pertanyaan. Jawaban yang diperoleh digunakan untuk menyusun profil kepribadian Anda. Sehingga, jawaban Anda merupakan dasar untuk menunjukkan kepribadian. Kriteria kepribadian yang digunakan untuk kecocokan pekerjaan biasanya meliputi, kestabilan emosi, kepercayaan diri, kerjasama, kepekaan dan ketrampilan komunikasi.
Dalam kuesioner test tes kepribadian tidak ada jawaban benar salah, karena tidak ada kepribadian yang salah. Untuk itu, kiat utama dalam menjawab kuesioner atau test tes kepribadian adalah bersikap jujur. Tidak perlu berpura-pura menjadi pribadi lain. Agar semua berjalan lancar, tidak dibuat-buat, saat menjawab kuesioner atau test tes kepribadian sebaiknya:
Menjawab semua pertanyaan dengan jujur, sesuai diri sendiri. Anda juga pasti tidak ingin mendapatkan pekerjaan tersebut tetapi ternyata tidak sesuai dengan Anda yang sebenarnya bukan. Untuk menjawab jujur, Anda harus mengenali diri Anda sendiri dengan baik.Berpikir positif mengenai diri sendiri.Ingat, ada banyak pekerjaan yang dapat dikerjakan dengan sukses oleh orang-orang dengan karakter pribadi yang berbeda-beda. Jadi yakinlah dengan diri Anda.Terakhir, sebelum memulai menjawab kuesioner atau tes test kepribadian berdoalah. Jika ini yang terbaik untuk Anda, pasti Anda akan dapatkan.

http://consultanthr.com

3 responses to this post.

  1. Owh gitu,, tapi kayanya tes psikotes juga ga seratus persen bener deh bisa ja kan dia ngebuat-buat sendiri kepribadiannya biar dia keterima kerja… tapi ga da yang tau denk… ya… mungkin keakuratannya 50:50 kali yey….

    Btw kepribadian acep paan nih???

    Reply

  2. Posted by fik20 on July 7, 2009 at 12:08 pm

    oh… ya bner bgt hrs ju2r yg ngisi tes tuh……,

    Reply

  3. naum demikian ada beebrapa kasus katanya yag ikut tes jawabnya disesuaikan dengan jenis pekerjaa yang ditawarkan, bener gak yah?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: