Harga Emas Hitam

Harga si emas hitam alias minyak mentah dunia kembali mengalami penurunan setelah sebelumnya ada di posisi USD67 per barel, sekarang posisinya makin merosot saja ke level di bawah USD66 per barel.

images

Seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (4/7/2009), penurunan tersebut juga didukung oleh adanya data yang dilansir departemen tenaga kerja AS yang menggambarkan lemahnya perekonomian di mana secara tidak langsung membuat permintaan akan energi menjadi lemah.

Adapun harga minyak mentah AS turun USD1,22 ke posisi USD65,51 per barel, atau jatuh sebesar empat persen. Sementara untuk jenis minyak mentah London Brent jatuh USD1,35 ke level USD65,30 per barel.

Seperti diketahui, harga minyak sempat naik dua kali lipat lebih dari sebelumnya USD32,40 per barel di Desember tahun lalu, dan pada kuartal kemarin naik 42 persen. Angka tertinggi secara kuartalan sejak 1990.

Analisa yang dikeluarkan oleh JPMorgan bahwa harga minyak mentah dunia akan mengalami koreksi di kisaran USD60 per barel atau lebih rendah dari saat ini.

Sementara itu, untuk jangka panjang para analis banyak yang meramalkan bahwa ada banyak faktor yang membuat harga minyak mentah dunia ini menjadi tinggi, mengikuti investasi yang rendah di bidang minyak dan kredit yang terbatas.

Namun negara-negara penghasil minyak yang tergabung dalam OPEC mengungkapkan bahwa idealnya harga minyak dunia berada di kisaran USD75. Ini dilakukan untuk meningkatkan investasi di bidang migas, karena mereka sudah menurunkan target produksinya menjadi 4,2 juta barel per hari sejak September tahun lalu.
sumber:www.okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: