Nyari Kerja

1 september 2011

Hari ini bener – bener memusingkan. Bukan hanya nasib ku yang belum pasti, tapi tadi saya salah sangka masalah pemberangkatan adik saya lia. Saya kira dia berangkat bersama kakak ipar saya, eh ternyata dia berangkat bersama saya. Sialnya lagi saya berjanji untuk tidak berangkat kesana lagi.

Adakalanya saya benar benar merasa pusing karena nasib yang belum tentu ini. Saya belum tahu apakah saya akan kerja pa gak. Pi mudah – mudahan saya bisa kerja.

Kamu tahu as, segala hal didunia ini benar-benar belum pasti. Saya takut tidak bisa kerja disini, itu artinya saya harus balik lagi ke NTB. Tempat saya menjadi orang lain dan harus berpura – pura menjadi orang lain. Mengesalkan memang.

Mudah-mudahan saya sudah bisa masuk kerja minggu depan.

2 september 2011

Setiap orang pasti akan merasakan apa yang dimaksud dengan naik dan turun nya semangat. Baik semangat dalam urusan akhirat, dunia, sahabat, karir dan segala hal yang terjadi di dunia. Semuanya seperti naik turunnya roda. Tapi setiap orang akan memiliki caranya sendiri untuk menjawab segala hal yang terjadi dalam hidupnya.

As kamu tahu, saya rajin ngetik dan curhat lagi karena belum ada kegiatan. Padahal dulu sewaktu saya masih berada di bangku sekolah, curhat merupakan kegiatan wajib yang harus saya lakukan. Karena menurut saya dengan menuliskan apa yang ada dalam hati dan pikiran kita tentang apapun juga, pasti ada manfaatnya.

As, hari ini saya merasa benar – benar letih. Sepertinya saya gak enak badan. Hah mudah – mudahan aja semuanya akan bisa saya lewati dengan senyuman. Hah jadi melamun dan tak sa ngetik ni. Lom da ide.

Ehm pa lagi ya,

Mudah mudahan saya bisa kerja dan segera bertemu dengan kamu

3 september 2011

Ada kalanya kehidupan ini tidak selalu indah, kadang kala kita harus merasakan nestapa dan sakit agar kita sadar bahwa setiap kehidupan akan ada keindahannya. Dari pagi sampai siang kerja terus, bantu ayah beresin barangkal ( semacam batu kecil sisa membangun rumah ). Tapi dengan cara ini saya merasa berguna karena telah bisa membantu ayah.

“ Cep, ya beginilah kerja di desa. Sementara ”. Tuturnya.

Ya memang bila dilihat dari rutinitas yang sering kali saya kerjakan, kerjaan seperti ini sangat tidak menguntungkan. Bahkan, bisa dibilang merugikan. Bayangkan saja, kerjaannya hanya gali tanah dan kemudian tanah yang sudah digali di masukkan barangkal. Akan tetapi, ternyata kerjaan ini sudah ayah saya kerjakan semenjak bulan shaum. Katanya sie, agar tidak ada air yang menggenang di daerah deket dapur.

Sorenya saya diajak untuk ikut tawassul, malees  banget. Tahu aja, diacara seperti ini biasanya para orang tua mengobrol sambil menyulut rokok. Sangat menyesakan pernapasan bukan. Tapi apa daya yang namanya sudah diundang kita harus menghadirinya.

Diacara tawassul ini ternyata ada acara pokok yang tidak seperti biasanya. Yaitu acara syukuran rumah yang baru beres di bangun dan akan segera ditempati. Pada saat saya duduk dan memperhatikan seisi rumah, saya langsung ingin tahu sebenarnya rumah siapa ini. Dalam pikiran saya Teh ika baru menikah, bahkan dia baru mengandung. Hebat banget kalau dia yang punya rumah ini.

Pada saat sampai dirumah saya tanyakan ke ayah, ternyata rumah itu bukan punya Teh ika. Rumah itu ternyata milik kakaknya teh ika. Ya kalau di pikir – pikir ini masuk akal juga. Karena Kakaknya Teh ika sudah sekitar 5 tahun nikah. Kapan saya punya rumah sendiri ya.

Mudah – mudahan lima tahun lagi saya juga punya rumah.

4 september 2011

Kegiatan pagi ini adalah membuat sangkar ayam. Kerjaaan saya hanya megangin aja. Heheheh. Tapi hari ini saya mendengar kalau ayah mengatakan apa yang dia katakan kemaren. Dia agak mengeluh karena setiap hari ada pekerjaan yang dia pegang, bahkan bisa dibilang gak abis – abis. Dengan tersenyum saya mengatakan, “ Ya namanya juga dikampung, ya beginilah”. Sambil terkekeh dia memukulkan palu yang dia pegang ke paku yang ditancapkan untuk menguatkan sangkar.

Eh tiba – tiba si adik dateng dan membicarakan pekerjaan yang di pegang oleh temennya “Uli”. Pada awalnya saya hanya tersenyum saja, tapi lama – kelamaan saya tertarik dan menanyakan cara bergabung disana. Menurut dia, kerja disana gajinya cukup besar. 1,3 dan setelah tiga bulan langsung diangkat menjadi pegawai tetap. As tahu pekerjaan nya apa, ternyata kerjaan nya adalah meminjamkan uang. Kayak rentenir ya.

As dulu saya manggil teman hanyalan saya dengan nama DI. Dulu  nama itu lah yang mengisi setiap cerita dalam kehidupan sehari – hari saya, tapi sekarang nama itu sudah berubah jadi As. Kepanjangan dari ASTRIA. Akhwat yang cep sayangi dan cintai. Hanya dengan mengingat nama nya saja sudah dapat membuat cep tersenyum.

Mudah – mudahan saya bisa tetap bersama astria sampai tua. Dan mudah – mudahan saya minggu depan sudah masuk kerja. Aaamiin

05 september 2011

Haah males banget bangun, hari ini rencananya saya mau ke MAN Cililin. Mau melegalisir SKHUN. Sekalian mau silaturahmi dengan guru disana

 

8 september 2011

Sudah dua malam saya tidak menulis eh ngetik disini, dua hari kemarin saya sibuk membetulkan komputer saya. Awalnya saya betulin sendiri komputernya, eh ternyata kemampuan saya masih dangkal. Penyakitnya sie dia ngambek gak mau nyala. Padahal hard ware yang lain berjalan normal, cuman monitor tidak mau menyala. Saya sudah otak sini atik situ, tetep saja dia tidak mau menyala.

Eh pas saya bawa ke tukang reparasi. Cuman lima menit sudah nyala lagi. Kamu tahu apa masalahnya, ternyata salah satu ram nya mati. Jadi dia ngadat gak mau nyala. Sialan sesal saya dalam hati. Jadi saya harus membayar 25 ribu untuk menebus obat nya.

Tapi semuanya ada hikmahnya, akhirnya saya tahu apa masalah dan obat nya lau dia ngadat lagi. Setelah sampai dirumah saya coba nyalain. Langsung nyala. Saya coba menghilangkan beberapa software yang jarang atau bahkan tak terpakai. Ternyata softwarenya hanya sedikit saja. Kebanyakan game nya. Saya cek lagi ternyata da kemungkinan berat karena beberapa folder yang gak rapih. Saya coba instal ulang, eh ternyata susahnya ta ampun. Bahkan saking pusingnya, saya sudah berpikir kalau ada yang salah dengan instalernya. Saya coba dan coba terus sampai 6 jam Instal ulang gak bisa – bisa. Selalu saja ada yang gak ada soft copi di folder sistemnya. Saking pusing nya saya gak mau ngeklik skip folder waktu ada soft copi yang gak ada. Tapi dengan cara ini ternyata instalan nya berhasil walau sudah 3 jam instal.

As kamu tahu,  saya dan keluarga sekarang gi bikin kolam ikan, wat nanem ikan lau ternyata si ayah dapet ikan banyak dari hasil jala nya. Sebenernya sie dah dari 3 hari yang lalu, dan hari ini dah beres ngeplur. Jadi mungkin besok tinggal ngaci aja.

As mudah – mudahan besok cep dapet panggilan, dan hari senin dah sa kerja.

9 september 2011

Pagi – pagi pengen ngetik nie, padahal biasanya cep ngetik lau dah masuk jam 6 sore. Ya beginilah cara cep wat ngilangi bosen dan suntuk yang datang menerpa PEJABAT ( Pengangguran Sejawa Barat) heheh. Tapi saya yakin hari ini dapat panggilan kerja.

As kamu tahu, ternyata Allah memang ada. DIA selalu menyertai setiap orang baik orang itu miskin, kaya, pendosa maupun alim ulama. Tadi malam saya ngobrol dengan astria di telp. Dia cerita masa saya masih di NTB.

Dia menuturkan kisahnya dengan sangat terbuka. Kamu tahu as, ternyata dia selalu menangis  dan memohon kepada Allah agar cep segera pulang dan selalu menemani dia. Dia menuturkan kalau sebenarnya dia sering shalat hajat agar cep pulang.

“ Yank tahu gak, sebenernya waktu ayank sms lau ayank keterima di STKIP BIMA. As kan jawab alhamdulillah tu dengan cucuran air mata tahu. Trus as kan telp Aul, bilang ke dia kalau Allah tu gak denger doa As. Bahkan, as berani bilang waktu itu lau Allah gak ada. Pokok nya As nangis trus”. Itulah yang yayank cep ceritakan di telp.

“ As salah gak ya” tambahnya.

Kamu tahu as, padahal cep melihat sosok dia orang yang sangat tabah. Dia tidak pernah menangis di depan cep langsung. Dia selalu memotivasi saya agar saya bisa meraih impian saya. tetapi malam tadi dia membuktikan kalau sebenarnya dia wanita biasa yang bisa menangis dan rapuh.

Saya bangga masih diberikan kesempatan pacaran dengan astria. Bukan karena dia cantik atau yang lainnya. Tetapi saya bangga dengan akhlak dan sopan santunnya. Ya walau pun lau saya cep dia seneng gila – gilaan ( heheheh). Tapi kan tidak apa – apa kalau gila – gilaan nya sama cowok nya sendiri. Dari pada dia gila – gilaan sama yang lain yang bukan cowoknya. ( idih serrem banget ).

 

11 september 2011

As hari ini cep ada di rumahnya kodir. Rencananya besok cep mau interview di PT CAKRA SAKTI UTAMA. Syarat kalau interviewnya kita harus datang kurang dari jam 8, bukan syarat deh. Cuman kalau kita ingin  langsung di interview.

Ehm sudah sekitar 2 hari semenjak saya ngetik terakhir. Oh iya kemarin saya dapat tes untuk masuk di arista daerah karawang. Kejadian disana lucu banget, habisnya saya berangkat dari cilengsi sekitar jam 5.30 agar bisa langsung naik bis karawang indah. Tetapi ternyata saya harus nunggu sampai jam 7 pagi. Bosen banget nunggu nya. Malahan cep dah punya rencana buat langsung pergi ke bekasi kalau seandainya saya  tidak berangkat juga jam 7.30.

Parah banget deh kemarin waktu ke arista, sudah hp cep lowbat jadi cep gak bisa ngasih kabar cep sudah ada dimana ke orang yang mau jemput cep. Gak bawa casan hpnya. Bodohnya lagi cep gak tahu persis tempat yang cep tuju. Mana hp mati lagi. Akhirnya cep beli casan baru karena kepepet banget. Padahal uang cep sangat terbatas.

Beres dari tes dari arista cep rencana nya mau nginep di rumah teman. Namanya kodir. Tetapi pas cep dah nyampe di tanjung pura cep lupa alamat rumah kodir dimana. Terpaksa cep nyari teman lain yang bisa cep datengin. Cep coba untuk menghubungi salman dan arif yang tinggal di daerah jababeka cikarang. Ehhh, mereka gak ada yang bales. Udah gitu hp  ngadat lagi minta makan listrik. Terpaksa cep nyari masjid sekitar situ tuk menunggu informasi alamat kodir. Sambil nunggu sms dari kodir cep sambil nunggu juga shalat dhuhur di mesjid ini.

Haah kodir tidak ngasih kabar, sambil kebingungan saya ngasih tahu astria lau cep ada rencana mau pulang saja ke bandung. Soalnya cep dah keabisan uang.

15 september 2011

Akhirnya sekarang cep ada di kamar cep di bandung. Perjalanan mencari kerja sangat melelahkan dan menghabiskan banyak biaya.

As, cep jadi nginep di home kodir. Dia ternyata setuju cep nginep di rumahnya di pasar tambun. Di rumah kodir cep merencanakan agar bisa melihat arah yang cep harus tuju agar tidak datang terlambat ke PT CAKRA. Kodir ternyata mau jalan ma sodaranya ke BTC besok. Jadi cep da temen deh wat nyari alamat.

Setelah berjalan sekitar satu jam, akhirnya cep dan kawan kawan menemukan PT CAKRA jadi besok agak tenang deh. Kami seharian jalan – jalan di BTC. Di dalam BTC cep baca komik tentang kambing jantan. Seruuuuuuuu banget, cep sampai ngakak dan pusing karena nahan agar tidak tertawa terlalu keras.

Hari senin cep dateng di PT CAKRA jam 7.15. disana ternyata sudah ada karyawannya yang bernama bapak Adi. Dia orang nya gemuk. Cep nunggu sekitar 40 menit sebelum akhir nya bisa masuk ke perasahaan itu. Kamu tahu as, ternyata perusahaan ini sedang mencari banyak pekerja. Bukan pekerja biasa mereka mencari karyawan yang bisa berjualan produk mereka. Aaaaah aku tertipu, ternyata mereka mencari sales untuk menjual produk mereka.

Jam 9 tepat cep diajak masuk ke dalam mobil, pas baru naik hp cep bunyi. Ternyata ada telp dari ARISTA karawang. Mereka minta agar acep interview hari itu juga. Tapi karena cep kejepit dalam keadaan yang sangat mengenaskan. Bayang kan aja as, cep ternyata harus ikut memasarkan produk mereka.

Sistem mereka adalah mencari tempat yang masih kampung dan jauh dari peradaban kota. Kami berangkat dari PT CAKRA menuju antah berantah di daerah karawang. Kami terdiri dari 12 orang dan di setiap rw di daerah karawang yang dikenal dengan nama BATU JAYA kita berpencar dan menawarkan produk itu.

Mereka mengatakan kepada penduduk sekitar kalau sebenarnya mereka dari dinas kesehatan yang di tugasin untuk membagikan alat kesehatan. Syaratnya cuman satu yaitu KTP. Kamu tahu gak as harga barang nya berapa. Satu juta seratus ribu, itu kalau mereka gak punya KTP, tapi kalau mereka punya ktp harga barangnya jadi dua ratus lima puluh ribu. Jauh banget kan bedanya. Tapi pinternya ada aja orang yang beli barang tersebut. Oh iya ini nama perusahaan tersebut beserta alamat lengkapnya, PT CAKRA SAKTI UTAMA.

Di tengah – tengah perjalanan saya memikirkan bagaimana cara nya untuk kabur dan segera menjauh dari orang – orang biadab ini. Orang yang tega menjual barang yang menurut saya gak mungkin nyembuhin orang yang terkena struk. Tetapi akhirnya saya berhasil kabur. Setelah saya kelayapan kesana – kemari untuk menawarkan produk mereka. Sekitar jam 15.00 saya berhasil ngibulin orang yang namanya nimson dengan pura – pura saya harus pulang ke bandung segera.

Setelah berhasil kabur, langkah selanjutnya adalah mencari cara agar cep bisa nyampe di arista karawang di daerah johar tepatnya di depan carefour johar. Dengan penuh harapan cep nanyain ke penumpang angkot. Dan alhamdulillah jaraknya tidak terlalu jauh. Cep hanya harus naek angkot tiga kali dari BATU JAYA.

Setelah nyampe di arista cep tidur di mes nya arista karawang. Mempersiapkan diri untuk bisa se fit mungkin untuk interview besok pagi jam 9 (selasa). Di ruang interview yang cep tanyain adalah masalah gajinya. Ternyata gajinya menurut cep di bawah umr. Jadi cep gak berani ngambil kerjaan yang di tawarkan oleh Arista.

Pada saat mau pulang Yayank sms, kalau sebenarnya hari rabu ada tes di philips cileungsi. Jadi acara kepulangan cep ke bandung di undur lagi sampai hari rabu. Cep bergegas pergi ke cileungsi.

Sampai di cileungsi hari selasa jam 12.30. tadinya cep janjian ketemu dengan ASTRIA di NATRA. Eh ternyata ditunggu – tunggu orangnya tidak kunjung datang. Karena hp mati jadi cep bergegas ke kosan ibunya, biar bisa cas hp. Ternyata ASTRIA sudah ada di kosanya, sedang tidur katanya.

Rabu jam 7.45, cep dan ASTRIA berangkat ke philips untuk tes. Kamu tahu as, ternyata cep gak lulus. Malah astria pacar cep yang dah kerja dia lulus sampai tahap selanjutnya. Interview. Cep terpaksa pulang ke kosan pacar cep. Eh ternyata dia pulang tuh jam 3 sore. Katanya dia gak mau masuk philips, alasannya karena cep juga gak masuk sana.

Kamis pagi jam 7.30 cep pulang dari cileungsi. Nyampe di rumah jam 2 siang. Hah tak terasa sudah 5 hari cep keluar dan pulang tidak bawa hasil apa – apa.

19 september 2011

Sudah sembilan belas hari semenjak cep nyari kerja. Dan sampai hari ini belum dapet juga. Pada waktu cep masih berada di NTB, masih kerja disana. Pekerjaan seakan datang tanpa henti agar cep mau masuk ke perusahaan mereka. Tetapi sekarang, pada saat cep sedang mencari kerja. Mereka justru bilang sedang tidak ada lowongan atau bahkan ada yang bilang posisi yang dulu pernah mereka tawarkan sudah terisi oleh orang lain.

Dari hari kemaren saya sedikit sebel ke soulmate cep. Dia menginformasikan kalau seandainya PT MULTI STRADA ARAH SARANA Tbk hanya mencari cewek. Tetapi pada saat cep sudah memutuskan untuk tidak kesana. Dia memberitahukan bahwa cep disuruh mencoba dulu. Bahkan hari ini pada saat dia tes. Ternyata kebanyakan malah cowok. Untungnya dia sekarang masuk term ke dua, yaitu tes komputer. Soulmate cep memang orang nya pintar dan suka rendah hati. Dia selalu bisa masuk interview.

Sedih rasanya saya tidak berangkat kesana, hanya gara – gara informasi yang diterima ternyata tidak tepat.

20 september 2011

Hari ke 20 sudah, dan cep lom  dapet kerja juga. Kabar baiknya sekarang cep mampu menepis sedikit – demi sedikit prasangka jelek tentang Mu ya rab. Sudah dua puluh hari pula kemana – mana cep bawa hand phone mengharapkan adanya telp yang mengabarkan cep diterima kerja. Sudah sejumlah hari itu pula cep tidak tidur siang karena takut di telp waktu cep sedang tidur. Semua ini adalah harapan yang sangat cep nantikan. Mudah – mudahan cep tidak lupa bahwa mencari kerja memang tidak semudah membalikan telapak tangan.

Kabar terbaru tentang lowongan pekerjaan saat ini datang dari adit. Katanya ada lowongan kerja untuk admin dan operator lab. Di kampus STAI AL – HIDAYAH bogor. Sayang sudah tiga kali sms, tetapi belum ada jawaban.

Mudah – mudahan penantian ini akan secepatnya berakhir

3 responses to this post.

  1. Posted by Olit on September 30, 2011 at 9:10 am

    Wadoooh seru bnget perjuangan nya banyak hikmah juga huft. . . . .patut di ambil hikmah nya hehe

    Reply

  2. panjang ya perjuangan nya..
    dulu suami ku luntang lantung 4 tahun belum dapet kerja, sekali dapet kerja gajinya langsung guede… kuncinya berusaha, sabar dan tawakkal aja…

    Reply

  3. makasi ajeng.

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

