Bagaimana menjadi guru yang baik (profesional)?

Setelah menyelam di google world. eh dapet banyak sekali jawaban. ada dari yahoo answer lah da dari facebook lah. pi semuanya ok.

Jawaban Terbaik – Dipilih oleh Suara Terbanyak

Ada suatu ungkapan mengenai hal ini.

Guru yang biasa saja – membaca
Guru yang lumayan – menjelaskan
Guru yang baik – memeragakan
Guru yang terbaik – memberi inspirasi!

Jadi, guru yang paling baik itu, bukan sekadar bekerja sebagai orang yang memberi tahu, tapi dia juga membantu membentuk kepribadian muridnya.
Dia menjadi teladan. Bukan hanya membuat murid mengerti apa yang diajarkan, tapi memacu murid menjadi untuk lebih baik.

Jawaban Lain (10)

ciri ciri guru yang baik adalah :
1. suka memberi nilai baik
2. tdk pernah memberi PR yang memberatkan
3. Tdk pernah marah-marah
4. sering bolos ( shg murid Free )
5. DLL

0% 0 Suara

Guru yang baik adalah guru yang mampu menjadikan dirinya sebagai pendidik sekaligus pengajar. Bukan sekedar sebagai tukang transfer of knowledge. Berkepribadian yang dapat dijadikan teladan bagi orang lain.

0% 0 Suara

Ciri-ciri guru yang baik itu mampu menyampaikan materi pelajaran kepada siswanya dengan baik dan jelas dan siswanya itu mampu menguasari materi yang diajarkan baik secara teoritis maupun praktis

0% 0 Suara

ciri cirinya
1. ganteng
2. pengertian
3. tidak nakal seperti kau

bodoh kali kau itu aja pun gak tau,sering sering,makan jengkol

0% 0 Suara

Guru yg baik adl guru yang selalu berusaha demi kebaikan murid2nya. dia tdk harus pintar2 amat, tapi mampu memberikan materi yg dibutuhkan murid2nya dgn baik n jelas. selain itu, dia juga selalu membantu murid2nya yg ksulitan n mau mendengar keluh kesah murid2nya, saran, maupun kritik.

0% 0 Suara

Ketika mengajar dapat menyampaikan materi secara baik dan benar tanpa membuat muridnya merasa jenuh, pusing, tak mengerti, atau takut. Tetap ramah ketika bertemu dengan muridnya walaupun tidak sedang berada di sekolah. Baik kepada muridnya namun tetap tegas bila ada yang berbuat kesalahan.

0% 0 Suara

Banyak bekas muridnya yang jadi orang.

0% 0 Suara

yang bisa mentransfer ilmunya dengan baik, memberikan ilmu yang baik, memberi contoh yang baik

0% 0 Suara

guru yang baik adalah guru yang bertanggung jawab setelah ia mengajar siswanya jadi apa?
bisa atau bingung?
mau belajar lagi atau males?
jadi anak baik karena pelajarannya atau tidak?

0% 0 Suara

Mengikuti prinsip yg disampaikan Ki Hajar Dewantoro:
* Ing Madyo Bangung Karso
* Ing Ngarso Bangun Tulodo
*Tut Wuri Handayani

artinya:
* Mempunyai inisiatif untuk membangun kriatifitas anak didik, agar tumbuh lebih baik
* Dapat menjadi tauladan, bahwa guru arti guru adalah dapat digugu (dianut) dan ditiru (sbg contoh).
* Dapat mengendalikan dan mengrahkan anak didik kearah positif, apakah si terdidik dapat berkembang dgn baik melalui tanggung jawab guru.

materi referensi:

Ki Hajar

Cara Untuk Menjadi Guru yang Baik

by Republic of Indonesia on Sunday, April 26, 2009 at 8:39am
Cara Untuk Menjadi Guru yang Baik Dengan Sertifikasi ataupun tidak.
• Sertifikasi guru
Sebelum menjadi guru yang intensional, maka guru harus menjadi guru yang bersertifikat. Dewasa ini banyak sekali pelatihan-pelatihan untuk guru agar menjadi tenaga pengajar yang berkualitas. Dengan mengikuti pelatihan-pelatihan seperti ini, maka guru akan mempunyai kemampuan mengajar yang lebih, daripada hanya lulusan perguruan tinggi saja.
• Di luar sertifikasi
Mendapatkan sertifikat mengajar itu perlu, tetapi tidak cukup untuk menjadi seorang guru yang intensional. Meningkatkan kemampuan mengajar bisa didapat dari guru-guru yang sudah intensional, rekan-rekan kerja, perhimpunan-perhimpunan profesional, dan lain-lain.

Selain menjadi guru yang baik, seharusnya dalam pengajaran guru juga memperhatikan perbedaan individu siswa. Siswa di kelas bagaikan sekotak krayon yang mempunyai masing-masing mempunyai warna mereka sendiri. Mereka mempunyai kepribadian dan kemampuan yang berbeda-beda. Jadi, seharusnya guru lebih intensif dalam berkomunikasi dengan siswa dan peka dalam kegiatan belajar mengajar.

Intensif dalam berkomunikasi maksudnya guru sering menanyakan pada siswa apakah mereka sudah paham dengan materi yang ia sampaikan. Sedangkan peka pada siswa maksunya adalah guru harusnya tahu keadaan siswa-siswanya. Seperti apakah siswanya sudah dapat menyerap pelajaran dengan baik, dan seorang guru harus tahu apabila salah satu siswanya mempunyai masalah yang sedang dihadapi sehingga tidak dapat menerima pelajaran dengan baik, dan berusaha membantu siswanya untuk memecahkan masalahnya.

Selain siswa berbeda kepribadian dan kemampuan, siswa juga mempunyai latar kebudayaan yang berbeda-beda. Apalagi sekolah yang sudah berstandar internasional, siswanya pasti dari berbagai daerah bahkan luar negeri. Pada saat memasuki dunia sekolah, mereka telah menyerap banyak aspek budaya di tempat mereka dibesarkan.
Jadi, seharusnya tidak menganggap bahwa semua siswa sama. Apabila diberi perlakuan A maka semua respon siswa B. Padahal bisa saja muncul respon C, D,E.

warnadunia.com

Share

Rully Faturachman ‎@ ario bimo: stuju mas, dan bgi orang2x yg cma bisa ngomong matre, mesum & selalu melihat msalah dri sisi negatif, pesimis jga antipati, itu merupakan produk gagal yg lolos d pasaran.,jdi berpositip lah dlm brpikir n bertndak. Karna seorang guru jga kta bsa facebookan, okeh. Maju dunia pendidikan Indonesia.

April 26, 2009 at 11:53am

Cumil Itu Mmila bguS bgT masUkan2x,,saya bS dpEt iLmu x..karNA kuliah yG sy ngAMbil kegurUAn.. Mg bisA Jd gurU yG TOP bGT.hehEHe

April 26, 2009 at 12:15pm

Nur Yaumi kalo dipikir2 kasian jadi guru da gaji sikit ortu n siswa maunya BANYAK……. ingat……apa yg bakal kita kasi buat Guru. paling2 kritikan…gaji naik dikit da dibilang makan gaji buta KASIANNNN GURU.

April 26, 2009 at 12:21pm

Lietha Jelita Luntungan Spa yg meninggal melody? ? ?

April 26, 2009 at 12:22pm

Agung Juliawan Sudah saatnya penanaman BUDI PEKERTI di mulai dr tenaga pengajar di Indonesia ini. Sudah tdk imbang lg antara pddkn logika dg moral. Murid hy mencontoh dr guru, anak hy mencontoh dr ortu dan rakyat hy mencontoh dr para pemimpinnya.

April 26, 2009 at 12:25pm

Ucok Pangihutan Manurung saya sangat setuju dengan setifikasi guru Indonesia guna meningkatkan kualitasnya karena guru dari tahun ketahun sampai pensiun tetap jadi guru, sedangkan ilmu pengetahuan yang diajarkannya makin tahun makin berkembang, jadi ini adalah satusatunya cara supaya pengetahuan guru berimbang dengan perkembangan pengetahuan.

April 26, 2009 at 12:27pm

Raditya Greenday’mraz LavigneXbonez Thats up to you! tg penting, jgn smpe grunya korupsi nilai! jgn! kayak ibu rahmin puluhulawa!

April 26, 2009 at 1:04pm

Anggit Shang JutEx’s Np jenk?uTs2,,he8. MaRenQ ma gdUL k gi2,k0g g nYusuL k bWah ce!kn Kp0mPng bs kUmpL..

April 26, 2009 at 1:35pm

Hesti Yuliastry setuju,scara emak gw juga guru he…

April 26, 2009 at 1:44pm

Nonox Doank sertifikasi ndk pnting! yg penting Kualitasnya mengajar….!

April 26, 2009 at 1:58pm

Wahyu Purnomo yang penting PROFESIONAL………

April 26, 2009 at 2:11pm

Fuji Nurfitriyani Kyanya malah malu2in deh drpd malu2.arif malu2?imposible…

April 26, 2009 at 2:59pm

Ucox Yowel Harahap Mam lontong ke kampar aja,eh da bang kere..gaya betul

April 26, 2009 at 3:05pm

Elvie Mokoginta susah kalau guru hanya money oriented ndak profesional…

April 26, 2009 at 3:27pm

Pamungkas Sulistyo Setujuu..Tingkat kwalitas sdm kita dengen salah satu cara efektifnya meningkatkan kwalitas pengajarnya..

April 26, 2009 at 5:03pm

Misa M Mahar Terima kasih guru

April 26, 2009 at 5:20pm

St Delon parahnya lagi gaji guru sekarang masih ada yg jauh dari standar kasihan khan pahlawan tanpa tanda jasa kita

April 26, 2009 at 5:48pm

Taufik Hidayat Lah te mìnat jdi guru!!!

April 26, 2009 at 7:35pm

Nikida Arkadia Subakti Talk les do more,
Bcra n teori gmpang, dlm praktek not so easy.
Aplg skrg mrak guru tmen qt, jd y nyantai aj.
Uan?? Br guru adlh dewa qta.

April 26, 2009 at 8:36pm

Novianti Aprillia percuma punya sertifikat yang bagus tapi mengajar tidak memakai perasaan!!!

April 26, 2009 at 8:52pm

Yusuf Sidik Indonesia tanpa hutang… UUD.na berjalan…

April 26, 2009 at 9:09pm

Fauzi Nor Rahman

stuju scara w jg clon guru.

Srtifikasi tu pnting krna kn mngkatkn mutu dr guru.

Tuk guru2 yg brbuat ngatif tu mrpkn oknum2 yg gk brtnggng jwb mrka tdk thu arti dr seorang guru

Smua output dr pndidikan yg slah bkn hnya tnggng jwb dr gru tp jg ortu n mrd

April 26, 2009 at 9:38pm

Imi Ikhza Khuzaimi Setuju banget…. Informsi ini cukup membantu sy sbgi koreksi dan untuk meningkatkan kompetensi dan mnjdi guru yg profesional. Thanks…

April 26, 2009 at 11:09pm

Agus A. Hidayat ga adil klo gru slalu d slhkn …
krna menddk ank bangsa bkn hny tgs dr sorg gru …

April 26, 2009 at 11:15pm

NitNot Ntu Zetira tapi guru skr lebih mengejar sertifikasi bukan untuk kualitas melainkan untuk kenaikan gaji

April 27, 2009 at 11:05am

Firman Hanny Dari dulu Guru Kita sudah berkwalitas,banyak negara Malaysia dan negara lain yang memakai tenaga guru Indonesia yang belum guru dapatkan kesejahteraannya.kalau perut guru dan keluarganya belum terisi yah bagaimana mau baik Bung.

April 27, 2009 at 1:53pm

Dyandra Rachmadivia emg gila y guruku yg satu ini .. terang-terangan gt .. ud pk chayankQ pula ..ud deh bu ngaku aj !! gk usa malu .. ak dah tau kok .. hha ..

April 27, 2009 at 8:36pm

Om Iyenk Mungkin dewasa ini emang kita harus menghasilkan guru-guru yang lebih profesional agar SDM kita lebih baik lagi

April 28, 2009 at 4:22pm

Agus Faiz Kamikaze semangat lah kalian pahlawan tanpa tanda jasa

May 22, 2009 at 10:02pm

Davi Sukses Setuju

June 30, 2009 at 12:20am

Anik Kurnia kunci keberhasilan dalam PBM ya memang adanya komunikasi positif antar guru dan andik….untuk teman-teman guru se indonesia…..cayyyo…..

July 15, 2009 at 10:20pm

ديفا سوهندار

Mohon Bantuannya Umi Anis membutuhkan Golongan Darah 0 Reshus (-)

Mohon bantuan dan pertolongan kepada semua teman2 yang memiliki golongan darah 0 reshus (-) negatif atau tolong carikan pendonor/stock darah 0 reshus (-) butuh cepat, untuk me…See More

September 9, 2009 at 1:44pm

Edi ‘waedoz’ Supriadi angkat donk GURU HONORER terutama yang udah berbakti diatas 5th atw 10th. gimana sh…?

February 9, 2010 at 1:46am

Tria Sutrisna Saya dedikasikan hidup untuk dunia edukasi, meski predikat Guru Non-PNS melekat sejak 1987. jauh direlung hati, ada satu tanya..kapan ya status negeri

March 1, 2010 at 12:53pm

Lo VI semoga sy bisa..

March 12, 2010 at 10:45am

Jamal AlFha Edison bermodalkan keikhlasan,saya berjuang di negara ini ,tanpa tanda jasa,meski predikat guru non PNS

March 15, 2010 at 3:11pm

Erif Deyussaswati sertifikasi sudahkah tepat sasaran????????????????????????

March 17, 2010 at 1:19pm

Dani Ronnie M

Saya guru, status saya tak jelas, murid saya pun tak jelas, bisa siapa saja, bisa anak-anak, bisa dewasa. Saya menjual kualitas kepada orang-orang, kalau saya tidak berkualitas maka saya tak mendapat apa2. Saya gigit jari. Saya tidak butuh …See More

March 24, 2010 at 3:40pm · 1 person

Abu Muflih Fitriyansah Addiya

saya seorang siswa… y peran guru sangat bsar bagi kami… kami sangat senang jika ada seorang gru yang mengajar dengan memberi smangat untuk slalu maju… jadi jadi guru tidak hanya mengajar saja tetapi memberi motivasi secara continu…….See More

April 21, 2010 at 6:13pm

Agus Erlan yang nulis guru bukan nich..???? kalo bukan ya.. berarti kudu ngrasain jadi guru dulu.

July 3, 2010 at 1:15pm

George Mokodongan Sama saja…

September 12, 2010 at 1:42pm

Ahmad Chusnul Toyibi saya guru, dan saya belejar melakukan itu….

November 20, 2010 at 10:19pm

Yn Niyadi

guru, harus bisa menempatkan diri sebagai abdhi bangsa yg dapat menjadikan generasi lebih bermutu, tapi sayang nasib para guru GTT dan GTY kurang di perhatikan oleh pemerintah, tak ubahnya lakon “UMAR BAKRIE”
tapi…..,tetaplah semangat, ter…See More

January 23 at 4:11pm

Yn Niyadi

guru, harus bisa menempatkan diri sebagai abdhi bangsa yg dapat menjadikan generasi lebih bermutu, tapi sayang nasib para guru GTT dan GTY kurang di perhatikan oleh pemerintah, tak ubahnya lakon “UMAR BAKRIE”
tapi…..,tetaplah semangat, ter…See More

January 23 at 4:11pm

Андрей Ерошин PESAN URGENT! Dalam beberapa hari mendatang, Indonesia telah pergi di bawah air di 30 meter, penduduk pantai dan dataran rendah dalam bahaya fana! Air sudah di jalanan Jakarta! Kumpulkan makanan, pakaian, obat-obatan, sarana kelangsungan hidup dan pindah ke daerah pegunungan negara! Segera kirim ke keluarga dan teman-teman! PENDUDUK INDONESIA DALAM BAHAYA Mortal!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: